Rabu, 29 April 2015

TUGAS 2 ETIKA PROFESI

Apa arti SARJANA menurut pendapat anda?
Alangkah baiknya sebelum saya mulai dengan opini saya bagaimana terlebih dahulu bersama pahami arti kata sarja.  Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia sarjana mengandung arti sebagai sebuah penciptaan dari bahasa sansakerta secara makna harfiahnya sarjana dapat dikatakan sebagai sebuah gelar yang disematkan atau diberikan kepada sebagian orang yang telah menempuh pendidikan kurang lebih empat sampai lima tahun dalam sebuah perguruan tinggi. Diakhiri dengan sebuah pembuatan sebuah karya ilmiah atau yang biasa disebut skprisi yang didahului oleh pertanggung jawaban karya ilmiah tersebut atau yang biasa disebut dengan sidang pertanggung jawaban karya ilmiah.
Menurut saya pertanyaan diatas merupakan pertanyaan yang singkat tapi dibalik itu semua tersirat makna yang sangat besar. Sarjana??????, yahhh saya yakin semua orang khususnya para mahasiswa yang telah berguru kepada para dosenya dalam rangka menimba ilmu dunia dalam kurun waktu 4 sampai entahlah berapa tahun lamanya, tentu saya dan mereka semua sangat mendambakan gelar sarjana tersebut.
Saya pun demikian bahwa gelar sarjana tersebut sangat saya dambakan, akan tetapi ada hal yang lebih penting dari sebuah gelar sarjana dibelakang atau didepan nama kita yaitu pertanggung jawaban. Pertanggung jawaban inilah yang saya rasa sangat penting dari sekedar banyak gelar sarjana dibelakang nama kita. Artinya adalah bukan gelar sarjana yang harus kita banggakan tapi proses dalam mendapatkan gelar tersebut dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Proses tersebut lah yang seharusnya menjadi selalu mulia dan akan mewangi sejalan gelar tersebut melekat di belakang nama kita dan sekali lagi pertanggung jawaban arti sarjana dibelakang nama kita yang menjadi sangat sangat sangat penting.

Apa arti KEJUJURAN menurut pendapat anda?
           KEJUJURAN atau JUJUR merupakan kata yang sangat singkat dan gampang untuk diucapkan tapi pada kenyataanya JUJUR atau KEJUJURAN rasanya sulit dalam mengaplikasikannya. Banyak sekali hal yang membuat seorang manusia untuk tidak bersikap jujur. Tidak perlu berkaca pada orang lain rasanya pribadi penulis pun terkadang masih jauh dari kata JUJUR atau KEJUJURAN, entah mengapa rasanya mengaplikasikan kata yang singkat itupun menjadi susah.
            KEJUJURAN atau JUJUR merupakan kata yang paling berharga diantara ratusan kata bahkan diantara emas dan berlianpun. Mengapa demikian??? Karna JUJUR atau KEJUJURAN itu mampu menghasilkan banyak manfaat yang luar biasa dibandingkan emas atau berlian, karna dari ketidak jujuran pun mampu mendatangkan masalah yang luar biasa. Sebagai contoh, banyak para jendralnya adolf hitler yang tidak jujur dibelakang beliau dianggap membawa kekalahan perang jerman pada perang dunia II, mereka semua bertindak tidak jujur dengan menyalahgunakan perintah yang diberikan, terlepas dari hal lainnya tentang adolf hitler itu membuktikan bahwa ketidak jujuran para jendralnya membawa dampak yang luar biasa pada saat itu. Banyak contoh lainya yang begitu luar biasa dari masalah JUJUR atau KEJUJURAN.
         Dalam agama islam pun bahwa kejujuran adalah sebagi sebuah modal utama dari seorang muslim yang sejati, begaimana baginda Rasulullah SAW mendapat julukan Amanah yang artinya dapat dipercaya atau tidak pernh berbohong (JUJUR). Oleh karena itu menurut pendapat saya bahwa sesulit apapun kejujuran atau jujur harus benar-benar diaplikasikan terutama oleh peribadi penulis sendiri yang jauh dari kata jujur.


Kesimpulan:
Kesimpulan berdasarkan pertanyan satu dan kedua sangat erat kitanya yang meliputi batasan nilai-nilai kehidupan, bermasyrakat, sosial, bernegara dan banyak lainnya. Lulusan sarjana yang baik bukan hanya perlu bertanggung jawab atas gelarnya semata tapi juga memiliki akhlak yang baik jujur atau kejujuran salah satunya. Negara ini banyak orang pintar tapi tidak banyak yang jujur, oleh karena itu negara ini semakin sulit bangkit apabila mentalitas seorang sarjananya bukan sarjana yang jujur!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar